Tuesday 6 October 2015

Seniman Grafis Indonesia dengan Karya Mendunia

Seniman Grafis Indonesia dengan Karya Mendunia


Bila ditanya apa aja sih yang berasal dari Indonesia dan telah melanglang buana ke manca negara? Kerap jawaban yang dilontarkan adalah batik, goyang Inul, dan Indomie goreng. Ini buktinya:


Namun, banyak yang belum tahu bahwa Indonesia karya-karya grafis Indonesia juga telah mendunia lho. Blog kali ini mengulas tiga dari tokoh-tokoh grafis Indonesia yang telah mengharumkan nama seni dan profesionalisme grafis Indonesia:

1. Christiawan "Chris" Lie
Cowok-cowok (dan mungkin beberapa cewek) pasti ingat dengan mainan action figure GI Joe dari perusahaan mainan internasional Hasbro. Siapa menyangka bahwa beberapa karakter dan desain kemasan dari action figure  terkenal ini merupakan buah dari kreativitas orang Indonesia. Christiawan Lie (panggilan akrabnya Chris Lie) dan Caravan Studio berbasis di Indonesia yang didirikannya memang sudah tidak asing lagi di dunia desain mainan, komik, ilustrasi, dan concept art. Hasbro hanya satu dari sederetan nama-nama beken yang menjadi klien Caravan Studio: Sony Online Entertainment, Mattel, Wizard of The Coast, Fantasy Flight Games, Capcom, Marvel Studio, Alderac Entertainment, 2K Games, Vicarious Visions, LEGO, Firaxis, Tokyopop, dan masih banyak lagi.
Klien-klien Caravan Studio kebanyakan berasal dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Kepercayaan internasional ini diperoleh berkat profesionalisme tim Caravan dan hasil karya mereka yang berstandar tinggi. Hebatnya lagi, Caravan Studio kerap dipercaya untuk membuat concept art, atau karya untuk konsep sebuah produk yang pastinya berperan signifikan dalam menentukan arah produk tersebut ke depannya.


Chris Lie Memberikan Kata Sambutan dalam Soft-Launching re:ON Comics
sumber:reoncomics.com

Chris Lie juga merupakan salah satu pendiri re:ON Comics bersama Andik Prayogo, dan Yudha Negara Nyoman yang diluncurkan Juli 2013 yang lalu. Re:ON didirikan untuk membangun komik Indonesia dan memberikan wahana sehingga komikus Indonesia bisa hidup dari membuat komik berkualitas. Komik Re:ON saat ini memiliki banyak sekali fans yang akrab dipanggil Reonites dan setiap kali peluncuran edisi komik terbarunya pasti dibanjiri para Reonites setianya.

Perjalanan Chris Lie menuju kesuksesannya sekarang pastinya penuh perjuangan dan membutuhkan passion juga kegigihan luar biasa. Kisah perjalanan dan pesan Chris Lie untuk pecinta grafis lebih jelasnya dapat disimak di sini:

http://www.rupawa.com/blog/2015/2/passion-dan-profesionalisme-seorang-chris-lie


2. Yolanda "Yo" Santosa
Yo Santosa
sumber: http://diegoguevara.com/

Yolanda Santosa yang akrab disapa "Yo" ini memiliki segudang prestasi. Kami yakin Yo selalu kekurangan lemari dan rak-rak untuk menampung semua tanda penghargaan yang diperolehnya. Desainer grafis luar biasa kelahiran Jakarta tahun 1978 ini memperoleh nominasi Emmy Award selama tiga tahun berturut-turut dengan karya desainnya untuk Desperate Housewives (2005), Ugly Betty (2006), dan Zack Snyder's 300 (2007). Proyek yang paling dibanggakan dan berkesan bagi Yo adalah proyek desain untuk Desperate Housewives.


Salah Satu Frame Desain untuk Desperate Housewives
sumber: www.wgsn.com

Penghargaan lainnya yang Yo pernah peroleh adalah Graphic Design USA 2006 untuk kecermelangannya di Komunikasi dan Desain Grafis, Webby Awards Honoree 2006, dan lainnya. Yo juga terlibat dalam proyek ternama lainnya seperti Hulk (2003) dan Herbie Fully Loaded (2005).

Selain kreatif, Yo juga memiliki jiwa wirausaha yang kuat. Yo mendirikan Ferroconcrete, perusahaan desain dan branding berpusat di Los Angeles, Amerika Serikat yang mengarahkan branding Pinkberry dari satu menjadi ratusan outlet di seluruh dunia. Yo juga menjabat sebagai salah satu pendiri dan Creative Director di usaha kue kecil modern früute, produsen parfum Commodity, dan sebuah publikasi LA Downtowner.

Yo mengatakan bahwa kunci kesuksesan yang diraihnya adalah kecintaan atas apa yang dikerjakannya. Fans berat arsitek Tadao Ando ini juga sering menekankan pentingnya berdiri di atas kaki sendiri alias mandiri. Terus berkarya dan membawa nama harum Indonesia, Yo!


3. Bayu "Bayo Gale" Santoso
Siapa sih yang tidak kenal Maroon 5? Band ternama asal Amerika Serikat ini mengadakan kontes desain untuk menentukan karya desain yang akan dijadikan desain sampul album alternate ke limanya "V". Nah tahukan kamu bahwa pemenang kontes tersebut asalnya dari mana? Yah jelas Indonesia dong! Bagi yang barusan tidak bisa menebak, saran kami lain kali baca blog itu, mohon judulnya dibaca yahh :D


Cover Album ke 5 Alternate Maroon 5 "V"
sumber: maroon5.com

Adalah Bayu Santoso atau dikenal dengan panggilan "Bayo Gale" sesuai dengan akun Twitternya, sosok jawara kontes bergengsi ini. Saat memenangkan kontes, Bayu baru berumur 19 tahun dan masih semester 3 di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta.

Desain album "V" tersebut dengan cerdik menggunakan tampak depan harimau dengan motif "V" yang jelas di wajahnya. Konsepnya juga menggabungkan unsur barat dan ornamen nusantara (motif ukiran hayati tradisional).

Bayu memiliki latar belakang yang sederhana. Sejak kecil, Bayu sering ditugaskan menggembala kambing milik orang tuanya. Orang tua Bayu, almarhum Guritno dan Rini, juga lah yang menanam kedisiplinan Bayu sejak usia dini.

Luar biasanya lagi, walaupun masih berusia muda, Bayu juga pernah menjadi jawara kontes karya desain yang diselenggarakan musikus Billy Joel. Kisah Bayu menjadi bukti nyata bahwa usia dan latar belakang tidak menjadi halangan dalam menghasilkan karya mendunia!

Saat ditanya pesannya untuk para peminat grafis lainnya, Bayu menjawab “Jangan pernah menutup pintu kesempatan yang telah dibuka, mencoba terlebih dahulu adalah sebuah kemenangan tersendiri dalam melawan musuh kemalasan. Perkara mampu memenangkan terhadap peserta lain atau hanya akan menjadi pihak yang kalah itu urusan belakangan, kita tak pernah tahu jika itu tak dilakukan.”

Doa kami agar Bayu dapat terus menerus berkarya, menang atau kalah, dan semoga semakin banyak "Bayu-Bayu" lainnya untuk kemajuan seni grafis kita!


Sumber rujukan:
indonesiaproud.wordpress.com
ferro-concrete.com
navinot.com
youtube.com
wgsn.com
Koran Tempo, tempo.co
beritasatu.com
ensiklo.com
maroon5.com

0 comments:

Post a Comment